GRAFIKA DAN MULTIMEDIA
Dasar Teori
Flash merupakan grafis multimedia
dan animasi yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi web interaktif yang
menarik. Selain digunakan sebagai media pembuat web
interaktif. Flas dapat dimanfaatkan sebagai program pembuat game.
Praktek
Langkah Pengerjaan :
1. Klik start, pilih Programs, kemudian
pilih Macromedia Flas MX. Seperti pada gambar 1.1
2. Maka akan muncul layar desktop
seperti pada gambar 1.2.
3. Untuk membuat animasi kita harys
menyiapkan terlebih dahulu layar dan ukuran layar.
4. Dibawah area kerja terdapat Action –
Frame dan Properties, kita akan pilih Properties, kemudian pilih size lihat
pada gambar 1.3. akan muncul Document properties.
5. Isikan Dimensionesnya dengan ukuran
yang kita inginkan, disini kita akan mengisikan width 500 Px dan height 100 px.
Kemudian klik ok.
6. Kemudian diare kerja tersebut kita
mulai membuat texs yang akan kita animasikan, contohnya kita buat tulisan
UNIVERSITAS KUNINGAN. Untuk membuattulisan klik ikon text tool (T).
7. Kemudian klik di area kerja yang
sudah kita siapkan tadi. Contohnya kita buat tulisan UNIVERSITAS KUNINGAN.
8. Untuk merubah huruf dan warnanya kita
gunakan pada Properties, lihat pada gambar 1.5.
9. Kita pilih warna hitam dan font Times
New Roman. Baru kita jadikan teks itu menjadi animasi caranya sebagai berikut :
10. Klik layer 1 untuk membuat warna
tulisan tampak menarik kita harus membuat layer baru yaitu dengan cara mengklik
insert layer, akan muncul layer 2.
11. Kemudian kita buat warna dasar yang
menarik, kita bisa menggunakan bentuk gambar atau warna yang kita buat sendiri.
Contoh kita akan menggunakan dengan gambar/photo.
12. Pilih menu File, import lalu cari
gambar yang akan kita gunakan.
13. Kemudian kita samakan ukuran gambar
yang kita import tadi dengan ukuran layar kerja seperti pada gambar 1.8
14. Kemudian kita pilih layer 2 dan klik
frame 20nkemudian klik kanan pada frame 20 dan pilih insert keyframe
15. Bergitu juga dengan layer 1 kita
lakukan hal yang sama pada layer 2. Kemudian kita pilih layer 2 dan klik titik
hitam di frame 30 dan klik kanan lalu pilih Create Motion Tween
16. Masih di layer 2 kali ini kita klik
frame 1 dilayar 2 dan klik kanan lalu pilih Create Motion Tween
17. Layer dua akan berubah seperti gambar
2.1
18. Kemudian di frame 30 pada layer 2
kita geser gambar ke arah yang berbeda dengan meng klik gambar tersebut dan
menggesekannya.
19. Setelah itu kita pindahkan layer 1
berada di atas layer 2 dengan cara mengklik tulisan layer 1 dan menggeserkannya
ke atas layer 2
20. Setelah itu klik kanan tulisan layer
1 dan pilih Maks.
21. Untuk melihat hasilnya klik control,
test move kita bisa melihat hasilnya
22. Bila hasilnya telah sesuai dengan
yang kita inginkan maka langkah selanjutnya yaitu menyimpannya dengan cara klik
file, publish setting akan muncul tampilan seperti gambar 2.2
23. Didalam publish setting kita pilih
Flash (swf) lalu klik Publish setelah itu klik OK, dan klik File, Save As beri
nama uniku dan save setelah itu kembali klik File, Publish.
24. Setelah selesai kita lihat hasilnya
dengan membuka dokumen yang telah kita Save
Dasar Teori
Symbol adalah objek yang ada pada dokumen Flash dan dapat di duplikasi
sebnyakbanyaknya ke movie tanpa menambah ukuran movie tersebut. Secara umum
pada flash, dikenal tiga jenis symbol yaitu :
-
Movie
Clip
-
Button
-
Graphic
Teknik animasi frame by frame merupakan teknik paling dasar,
dimana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan objek di Stage.
Teknik animasi ini banyak digunakan pada pembuatan film kartun karena
pergerakannya yang sangat halus, namun untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran
dan ketelitian sehingga memakan waktu yang cukup lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar