Senin, 30 Januari 2017

Rangkuman PTI modul4-10



GRAFIKA DAN MULTIMEDIA
Dasar Teori
            Flash merupakan grafis multimedia dan animasi yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi web interaktif yang menarik. Selain digunakan sebagai media pembuat web interaktif. Flas dapat dimanfaatkan sebagai program pembuat game.
Praktek
Langkah Pengerjaan :
1.      Klik start, pilih Programs, kemudian pilih Macromedia Flas MX. Seperti pada gambar 1.1
2.      Maka akan muncul layar desktop seperti pada gambar 1.2.
3.      Untuk membuat animasi kita harys menyiapkan terlebih dahulu layar dan ukuran layar.
4.      Dibawah area kerja terdapat Action – Frame dan Properties, kita akan pilih Properties, kemudian pilih size lihat pada gambar 1.3. akan muncul Document properties.
5.      Isikan Dimensionesnya dengan ukuran yang kita inginkan, disini kita akan mengisikan width 500 Px dan height 100 px. Kemudian klik ok.
6.      Kemudian diare kerja tersebut kita mulai membuat texs yang akan kita animasikan, contohnya kita buat tulisan UNIVERSITAS KUNINGAN. Untuk membuattulisan klik ikon text tool (T).
7.      Kemudian klik di area kerja yang sudah kita siapkan tadi. Contohnya kita buat tulisan UNIVERSITAS KUNINGAN.
8.      Untuk merubah huruf dan warnanya kita gunakan pada Properties, lihat pada gambar 1.5.
9.      Kita pilih warna hitam dan font Times New Roman. Baru kita jadikan teks itu menjadi animasi caranya sebagai berikut :
10.  Klik layer 1 untuk membuat warna tulisan tampak menarik kita harus membuat layer baru yaitu dengan cara mengklik insert layer, akan muncul layer 2.
11.  Kemudian kita buat warna dasar yang menarik, kita bisa menggunakan bentuk gambar atau warna yang kita buat sendiri. Contoh kita akan menggunakan dengan gambar/photo.
12.  Pilih menu File, import lalu cari gambar yang akan kita gunakan.
13.  Kemudian kita samakan ukuran gambar yang kita import tadi dengan ukuran layar kerja seperti pada gambar 1.8
14.  Kemudian kita pilih layer 2 dan klik frame 20nkemudian klik kanan pada frame 20 dan pilih insert keyframe
15.  Bergitu juga dengan layer 1 kita lakukan hal yang sama pada layer 2. Kemudian kita pilih layer 2 dan klik titik hitam di frame 30 dan klik kanan lalu pilih Create Motion Tween
16.  Masih di layer 2 kali ini kita klik frame 1 dilayar 2 dan klik kanan lalu pilih Create Motion Tween
17.  Layer dua akan berubah seperti gambar 2.1
18.  Kemudian di frame 30 pada layer 2 kita geser gambar ke arah yang berbeda dengan meng klik gambar tersebut dan menggesekannya.
19.  Setelah itu kita pindahkan layer 1 berada di atas layer 2 dengan cara mengklik tulisan layer 1 dan menggeserkannya ke atas layer 2
20.  Setelah itu klik kanan tulisan layer 1 dan pilih Maks.
21.  Untuk melihat hasilnya klik control, test move kita bisa melihat hasilnya
22.  Bila hasilnya telah sesuai dengan yang kita inginkan maka langkah selanjutnya yaitu menyimpannya dengan cara klik file, publish setting akan muncul tampilan seperti gambar 2.2
23.  Didalam publish setting kita pilih Flash (swf) lalu klik Publish setelah itu klik OK, dan klik File, Save As beri nama uniku dan save setelah itu kembali klik File, Publish.
24.  Setelah selesai kita lihat hasilnya dengan membuka dokumen yang telah kita Save

Dasar Teori
Symbol adalah objek yang ada pada dokumen Flash dan dapat di duplikasi sebnyakbanyaknya ke movie tanpa menambah ukuran movie tersebut. Secara umum pada flash, dikenal tiga jenis symbol yaitu :
-          Movie Clip
-          Button
-          Graphic
Teknik animasi frame by frame merupakan teknik paling dasar, dimana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan objek di Stage. Teknik animasi ini banyak digunakan pada pembuatan film kartun karena pergerakannya yang sangat halus, namun untuk membuatnya dibutuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga memakan waktu yang cukup lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar